Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas terbaik di indonesia by university rankings Pendidikan Matematika IPA Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Cara Memelihara Ayam Bangkok Terluka Pasca di adu

Cara memelihara ayam bangkok pasca di adu memerlukan penanganan serius karena ayam setelah diadu mengalami luka luar dan mungkin saja luka dalam yang tidak diketahui. Ayam pasca diadu dirawat serius agar bisa diturunkan lagi pada pertarungan berikutnya. Kondisinya dipulihkan agar tidak mudah terserang penyakit yang tentunya mudah menyerang ayam yang sedang lemah.


Tahap-tahap dalam merawat atau cara memelihara ayam bangkok setelah di adu adalah sbb:
Membersihkan luka luar dengan antiseptik seperti revanol atau yodium atau obat merah atau betadin. Bisa juga dibersihkan dengan minyak tanah atau bensin. Obat sariawan seperti abothil atau medisio yang sekarang lagi populer bisa digunakan karena lebih cepat menyembuhkan luka.
Jika luka ayam bangkok terus mengalir, harus dihentikan dulu dengan memberikan bubuk kopi. Jika luka kena taji atau luka apapun yang terbuka cukup lebar maka harus dijahit. Jika tidak dijahit maka tidak akan bisa kembali seperti semula lagi.
Kemudian semua permukaan luka diolesi dengan antibiotik alami atau obat antibiotik untuk antisipasi infeksi. Bisa menggunakan antibiotik kapsul cair, kapsul bubuk, atau pasta salep seperti oxytetracycline atau Gentamicine. Tapi pada umumnya banyak yang lebih menggunakan parutan kunyit. Parutan kunyit atau kunyit digiling dioleskan ke seluruh bagian yang luka dan juga seluruh bagian kulit tubuh yang mungkin saja ada memar-memar kecil yang tidak terlihat. Pada luka cukup parah, pemberian salep atau kunyit diulang 2 kali sehari pagi dan sore.
Jika perlu untuk luka yang parah dan dalam, misalnya bekas kena taji, suntikan antibiotik cair atau antibiok amoxicilin yang dicairkan di sekitar luka.
Berikan antibiotik yang umum digunakan seperti amoxicilin 1 tablet untuk ditelankan pada ayam bangkok. Tujuannya untuk menyembuhkan luka dalam dan mempercepat penyembuhan luka luar. Bahan alami seperti parutan kunyit, jahe dan gula merah dapat diberikan untuk menyehatkan tubuh dan mengantisipasi jika terjadi ganguan pencernaan seperti berak encer.
Bila paruh ayam bangkok goyang atau terlepas, maka pasang dan rapihkan kembali dengan mengikatkan benang ke jengger. Tentunya sebelumnya dibersihkan dahulu dan diberi kunyit atau salep. Bagaimanapun paruh asli tetap harus dipasang kembali, jika tidak maka paruh pengganti akan tumbuh tidak terarah dan bisa cacat bentuknya.
Jika mata ayam bangkok juga terkena taji, pukulan atau "siwer", berikan cairan dari cabe yang berwarna merah. Air dari cabe sangat perih, tetapi cepat menyembuhkan luka. Bisa di double dengan pemberian salep antibiotik seperti oxytetracycline atau Gentamicine.
Sebelumnya jangan lupa melemaskan seluruh otot-otot ayam bangkok setelah di adu, mulai dari otot leher, sayap, hingga otot paha dan kaki. Terutama bagian kaki perlu dilemaskan, karena jika tidak besok-besoknya dikhawatirkan ayam akan kaku berjalan, dan bisa muncul penyakit tedun atau turun urat. Oleskan (tetapi jangan diurut) pada kaki dan paha bahan-bahan hangat untuk melancarkan peredaran darah, misalnya parutan jahe, batang sereh, atau yang gampang pake GPU atau Geliga.
Jika ayam bangkok belum mau makan secara normal, maka bantu dengan pemberian cairan menggunakan spet yang ujungnya diberi selang kecil, atau cukup dengan suntikan yang jarumnya dilepaskan. Cairan yang diberikan adalah larutan gula merah, sedikit susu cair jika ada, tambah multivitamin. Hari-hari berikutnya bisa diberikan makanan yang mudah dicerna dengan cara dilolohkan.
Lalu kandangkan ayam bangkok di tempat menyendiri, agak jauh dari ayam jago lainnya. Jika perlu dekatkan dengan kandang ayam betina, untuk memancing gairah mental kelelakiannya yang secara fsikologis dapat mempercepat proses penyembuhan.
Demikian cara memelihara ayam bangkok aduan yang terluka pasca di adu.

0 komentar:

Posting Komentar

Sisik ayam aduan ciri ayam bangkok Ciri Ayam Birma

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
free website promotion SubmitX.com